5 Dampak Memarahi Anak Secara Berlebihan


Forumetkin.com.- Anak merupakan suatu karunia terbesar yang di berikan oleh tuhan. Mereka para penerus dalam mewujudkan mimpi, baik dalam keluarga maupun negara. Dengan seiring bertambahnya usia anak-anak mulai menunjukan sikap hyperactif , maka di situlah peran orang tua dalam membentuk karakrer yang baik untuk progresifitas anak. Nah, biasanya orang tua tak jarang memarahi anaknya lantaran anak tersebut melakukan sebuah kesalahan. Perlu di ketahui dampak memarahi anak apalagi dengan membentaknya dapat mempengaruhi daya dan perkembangan anak kedepannya. Berikut 5 dampak dari memarahi anak. Simak Penjelasannya !

1. Kurangnya Rasa Percaya diri

Ketika kita sedang emosi lantaran masalah pribadi  hendaknya kita tahan terlebih dahulu jangan serta merta anda lampiaskan di dalam rumah khususnya ke anak. Keluar rumah menghirup udara segar melihat pemandangan yang ada di sekitar sehingga amarah menjadi reda baru kita masuk kerumah. apabila tak kuasa lepas kontrol sehingga anda memarahi buah hati anda, maka anak anda akan mengalami ketakutan, nah ketakutan ini lah yang mempengaruhi dalam tumbuh kembang anak.

2. Tumbuh Kembang Otak Terganggu

Jangan mengira ketika kita memarahi buah hati kita tidak ada luka sedikitpun, ya memang kalau di lihat secara eksplisit ataupun fisik tidak ada yang cidera maupun lecet. Namun hal yang terpenting pada manusia yakni "otak" akan terganggu. Bagian otak yang terganggu adalah bagian bahasa dan suara, dengan kata lain hal-hal yang bersangkutan dengan bahasa maupun suara akan menjadi tumpul.

3. Menjadi Pribadi Emosional dan Menjadi Introvet

Anak merupakan perekam yang baik, ibarat buku yang tidak ada goresan sedikitpun. Ketika anda marah-marah bahkan sampai membentakinya maka anak tersebut akan menduplikat atau mencontoh dari orang-orang yang memarahinya. Akibatnya emosional mulai tertanam sejak dini hanya akibat bentakan dan amarah orangtua. Kebanyakan anak apabila sering di bentak-bentak oleh orang tuanya maka akan mempengaruhi prilaku anak kedepannya, anak tersebut akan tertutup pada hal yang ada di sekitar sehingga memperlambat perkembangan dan kekreativitasan anak. Kebanyakan anak apabila sering di bentak-bentak oleh orang tuanya maka akan mempengaruhi prilaku anak kedepannya, anak tersebut akan tertutup pada hal yang ada di sekitar sehingga memperlambat perkembangan dan kekreativitasan anak.

4. Tekanan Batin atau Depresi

Memarahi buah hati dengan sepenuh hati mungkin dapat membuat kelegaan hati. Namun sebenarnya itu sangatlah tidak baik, anak akan menuruti apa yang di perintahkan orang tuanya dengan rasa takut, bukan karna rasa menghormati terhadap orang tua. Tidak hanya rasa takut saja rasa sedih,kecewa akan terbentuk yang berakibat buruk pada kesehatan mentalnya.

5. Berpotensi Besar Menjadi Pelaku Bullying

Amarah orang tua yang di terima pada anak terutama dalam masa perkembangan, akan tersimpan dengan baik dalam otak atau ingatan anak. Dari amarah tersebut muncul sedikit demi sedikit kebencian dan kerapkali menganggap orang rendah, akibatnya anak sering melakukan bullying terhadap sesamanya. Oleh karenanya berhati hatilah terutama pada masa tumbuh dan berkembangnya anak berilah teladan yang baik dalam perkembangan anak kedepan.

2 Responses to "5 Dampak Memarahi Anak Secara Berlebihan"

Lestari said...

Orang jahat berasal dari orang baik yang tersakiti

Putra Alam said...

Iyaa, tetap berada di jalan kebaikan ya